Home Berita Wakapolda Kaltim Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi “Samsat Kaltim Peduli Vaksinasi” Kepada Anak 6-11 Tahun

Wakapolda Kaltim Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi “Samsat Kaltim Peduli Vaksinasi” Kepada Anak 6-11 Tahun

by polres ppu

Penajam – Wakapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Brigjen Pol Hariyanto melakukan tinjauan vaksinasi serentak di Samsat Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Vaksinasi Serentak ini dinisiasi oleh Samsat Kaltim dengan tema “Samsat Kaltim Peduli Vaksinasi” kepada Anak Usia 6-11 Tahun, kegiatan ini juga digelar secara serentak di beberapa kabupaten/kota di Kaltim, Sabtu (22/1/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Wakapolda mengatakan secara umum capaian vaksinasi di wilayah Kaltim sudah cukup baik. Dimana, cakupan vaksinasi lansia mencapai 62 persen dan anak usia 6-11 tahun mencapai 29 persen.

“Cakupan vaksinasi anak di Kaltim memang masih rendah. Karena kita baru melaksanakan vaksinasi untuk anak di bawah usia 12 tahun baru satu minggu kemarin,” kata Hariyanto.

Upaya meningkatkan capaian vaksinasi anak, jelas Hariyanto terus dilakukan melalui program vaksinasi massal hingga ke tingkat sekolah. Dengan berjalanya pembelajaran tatap muka, vaksinasi anak menjadi salah cara pemerintah mempercepat pembentukan herd immunity.

Disebutkan Wakapolda, untuk wilayah PPU vaksinasi anak ditargetkan sebanyak 1.000 sasaran. Namun, antusiasme orang tua untuk mendapatkan vaksinasi melebih target, yakni 1.019 orang.

“Target kita di vaksinasi massal ini ada seribu anak. Tetapi yang mendaftar lebih dari seribu. Kita akan akomodir semua,” terangnya.

Proses vaksinasi anak sendiri di wilayah PPU terbagi menjadi empat lokasi. Untuk di kantor Samsat induk sebanyak 529 dosis. Kecamatan Babulu 159 dosis, Waru 178 dosis dan Sepaku 153 dosis. Khusus wilayah PPU, cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun mencapai 2.332 atau 13,3 persen dari 17.494 sasaran.

Kegiatan vaksinasi dibarengi dengan video conference dengan Gubernur Kaltim, Isran Noor. Kunjungan Wakapolda sendiri didamping oleh Kabidpropam Polda Kaltim  Kombes Pol. Yudi Arkara Oktobera, S.I.K.,  Dir Pol Airud Polda Kaltim Kombes Pol. Tatar Nugroho, S.I.K., S.H., Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan, S.I.K., Dandim 0913 Letkol Inf. Dharmawan Setyo Nugroho, S.Ip., Plt Bupati Kab. PPU Ir. H. Hamdan, Ketua DPRD Kab. PPU  H. Jhon Kenedi, S.Sos., Kadinkes Kab. PPU Dr. Jansje Grace Makisurat, MH., Kadisdikpora PPU Drs. Alimuddin, M.Si., Kepala Samsat Penajam Arifin, dan Kepala Cabang Jasa Raharja Kab. PPU Michael Napitupulu Kepala Cabang Jasa Raharja Kab. PPU.

Leave a Comment