Home BeritaPolres Puslitbang Polri Laksanakan Penelitian e-MP di Polres PPU

Puslitbang Polri Laksanakan Penelitian e-MP di Polres PPU

by polres ppu

PENAJAM PASER UTARA – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan penelitian tentang Efektivitas Penggelaran Sistem Elektronik Manajemen Penyidikan (e-MP) Reskrim dalam mewujudkan Pelayanan Prima Polri di Polres Penajam Paser Utara.

Kedatangan Tim Puslitbang Polri diterima langsung oleh Kapolres PPU AKBP M. Dharma Nugraha S, S.I.K.
Tim Puslitbang Polri yang dipimpin oleh KBP Harvin Raslin membawa satu konsultan dan dua anggota lainnya yakni Dipl. Ing. Meidy Layooari yang merupakan Konsultan BPPT, Pembina Ahmad Munif dan Penata Mulyanto dari Staf Puslitbang Polri.

Penelitian yang digelar di Ruang Catur Prasetya ini diikuti oleh Kasat Reskrim, Kasat Resnarkoba beserta penyidik pembantu masing-masing.
Serta diikuti oleh para Kanit dan penyidik pembantu dari Polsek jajaran Polres PPU.
Kegiatan penilitian diawali dengan pembukaan dan sambutan Kapolresta Balikpapan yang diwakili oleh Kapolres AKBP M. Dharma Nugraha S, S.I.K.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan tentang Puslitbang Polri yang disampaikan langsung oleh Ketua Tim KBP Harvin Raslin.

“Sebelum penelitian dimulai, kami terlebih dahulu perkenalan dengan memutar video selanyang pandang Profil Puslitbang Polri,” ujar KBP Harvin Raslin.
KBP Harvin Raslin menambahkan setelah kegiatan pemutaran video selayang pandang dilanjut dengan pengisian quisioner secara online dan wawacara secara langsung kepada peserta penilitian.
Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mendukung penggelaran perang lunak secara masif agar tercapai target penggunaan secara konsinsten 90% pada tahun 2024 oleh penyidik dan penyidik pembantu mulai tingkat mabes hingga tingkat polsek.
Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan -permasalahan yang dihadapi oleh para penyidik dan penyidik pembantu terkait penggunaan aplikasi e-MP.

“Dalam penelitian ini, kami telah melakukan wawancara secara langsung kepada responden seperti Wakapolresta, Kasat dan anggota lainnya,” tambah KBP Harvin.
Tambah KBP Harvin, hasil dari penelitian ini akan dikompulir dan akan dilakukan analisa bersama dengan konsultan di Puslitbang Polri.

“Banyak saran atau masukan yang bagus para responden dan inilah yg akan kami kaji serta analisa untuk perbaikan kedepannya,” pungkasnya

Leave a Comment